Northrop Grumman B-2 Spirit Intercontinental Strategic Bomber
Purwarupa “stealth bomber” B-2 muncul pada 1988 setelah sebuah riset rahasia satu dekade
oleh AU AS. Desain B-2 membuat langkah besar mengalahkan proyek sebelumnya seperti B-1B dan F-117, dengan sistem pemantulan gelombang radar yang dipercanggih dan bentuk sayap yang lebih aerodinamis.
BEntuk sayap yang berkontur (contoured) dari B-2 Spirit berisi kompartemen awak, ruang barang (payload bays) dan mesin, yang terlindung dari komponen yang dapat memantukan sebagian besar gelombang radar. Sebagai tambahan, selain dilindungi oleh radar absorbant materials (RAM), semua garis pada B-2 adalah parallel ke yang lainnya untuk menghamburkan gelombang radar. Juga, lubang keluaran mesin memanjang dan dilapisi dengan material pengabsorbsi-panas untuk mengurangi jejak panas inframerah dari B-2.
AU AS pada awalnya berencana untuk membuat 133 stealth bomber tetapi kemudian dipotong menjadi hanya 21 Pesawat. Walaupun sebenarnya dibuat untuk pesawat penyerangan nuklir, B-2 juga dilengkapi dengan senjata konvensional seperti JDAM. B-2 telah digunakan secara luas dengan peran penyerangan konvensional (bukan nuklir) selama konflik di Kosovo, Afghanistan dan Irak.
HISTORY:
First Flight : 17 July 1989
Service Entry: April 1997
CREW: two: pilot, co-pilot/mission commander
ESTIMATED COST: $1.157 billion [1998$]
DIMENSIONS:
Length: 69.00 ft (21.03 m)
Wingspan: 172.00 ft (52.43 m)
Height : 17.00 ft (5.18 m)
Wing Area: 5,000 ft2 (465.5 m2)
WEIGHTS:
Empty: 150,000 to 160,000 lb (68,040 to 72,575 kg)
Normal Takeoff: 336,500 lb (152,635 kg)
Max Takeoff: 376,000 lb (170,550 kg)
Fuel Capacity: internal: 200,000 lb (90,720 kg), external: none
Max Payload: 40,000 lb (18,145 kg)
PROPULSION:
Powerplant: four General Electric F118-110 turbofans
Thrust: 76,000 lb (338 kN)
PERFORMANCE:
Max Level Speed: at altitude: 530 mph (850 km/h) at 40,000 ft (12,190 m), Mach 0.8; at sea level: 485 mph (780 km/h), Mach 0.65; cruise speed: 515 mph (830 km/h) at 37,000 ft (11,275 m), Mach 0.78
Initial Climb Rate: 3,000 ft (915 m) / min
Service Ceiling: 50,000 ft (15,240 m)
Range: typical: 6,000 nm (11,110 km); w/1 aerial refueling: 10,000 nm (18,520 km)
g-Limits: +2.0
ARMAMENT:
Gun: none
Stations: two internal bomb bays
Air-to-Surface Missile: up to 16 AGM-69 SRAM II, up to 16 AGM-129 ACM, AGM-154 JSOW
Bomb: up to 16 B61/B83 nuclear bombs, up to 80 Mk 82 500-lb GP, up to 16 Mk 84 2,000-lb GP, up to 36 M117 750-lb GP, up to 16 GBU-31 JDAM, up to 16 GBU-36, up to 8 GBU-37 (GAM-113), up to 36 CBU-87/89/97/98 cluster
Other: up to 80 Mk 36 or Mk 62 500-lb sea mines
KNOWN VARIANTS:
B-2A: Original bomber operating from Whitman AFB, Missiouri; 22 built
KNOWN COMBAT RECORD:
Kosovo - Operation Allied Force (USAF, 1999)
Afghanistan - Operation Enduring Freedom (USAF, 2001)
Iraq - Operation Iraqi Freedom (USAF, 2003)
KNOWN OPERATORS: United States (US Air Force)
DAFTAR BEBERAPA PESAWAT-PESAWAT TEMPUR
Minggu, 04 Oktober 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Pengikut
Arsip Blog
-
▼
2009
(27)
-
▼
Oktober
(27)
- The Northrop Grumman B-2 Spirit
- F- 16 TNI AU
- SU- 27 MK TNI AU
- Sukhoi Su-35 ASCC codename: Flanker Multi-Role Fig...
- RAFALE
- Sukhoi Su-33 ASCC codename: Flanker Carrier-borne ...
- Northrop F-5A Freedom Fighter F-5E Tiger II F-20 T...
- Sukhoi Su-30 ASCC codename: Flanker Multi-Role Fig...
- Aurora Strategic Reconnaissance (Pesawat Pengintai)
- McDonnell Douglas(now Boeing)/ Northrop F/A-18 Hor...
- General Dynamics (now Lockheed Martin) F-16 Fighti...
- LockheedSR-71 Blackbird Strategic Reconnaissance
- Tu 160 SuperSonic
- eurofighter / typhoon II
- Northrop Grumman B-2 Spirit Intercontinental Strat...
- Lockheed Martin F-117 Nighthawk Precision Attack B...
- MiG-31 FOXHOUND (MIKOYAN-GUREVICH)
- P 51 Mustang
- J-11 [Su-27 FLANKER]
- Su-27 FLANKER (SUKHOI)
- Chengdu J-10, F-10 Multi-Role Fighter
- Lockheed Martin F-35 Lightning II Multi-Role Fighter
- Joint Strike Fighter (JSF)
- Lockheed Martin F-22 Raptor Air Superiority Fighter
- S-37 Berkut
- MiG-35 / 1.42 Multirole Front-Line Fighter [MFI]
- MIRAGE F1 (DASSAULT-BREGUET)
-
▼
Oktober
(27)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar